Daftar Benda di Tempat tinggal yang Dapat Menyebabkan Masalah Pernapasan

Beberapa benda dirumah, baik itu perlengkapan bersih-bersih, perabotan, ataupun dekorasi, memiliki kandungan beberapa bahan yang butuh perhatian spesial.  Perlengkapan bersih-bersih makin hari makin efisien, tetapi bahan kandungannya cukup keras serta dapat beresiko bila salah memakai. Demikian halnya beberapa bahan perlengkapan dekoratif, seperti karpet, ada yang butuh perhatian spesial.   Apa sajakah?

  • Pembersih kamar mandi

Sebagian pembersih kamar mandi serta pemutih baju condong memiliki kandungan klorin serta desinfektan yang aromanya begitu menyengat.  Menurut George Freidman-Jimenes, MD, DrPH, asisten profesor di New York University School of Medicine, aroma menyengat ini bakal menyesakkan pernafasan hingga aliran oksigen serta darah ke paru-paru terganggu.  George menyampaikan, terkadang, air panas telah bisa menukar manfaat klorin untuk mematikan kuman di kamar mandi.

  • Karpet

Yakinlah, debu diatas karpet jauh semakin banyak dibanding debu diatas lantai. Pasalnya, lantai masihlah kerap disapu, sedang karpet condong cuma digulung.  Waktu Anda rebahan diatas karpet, debu yang ada di permukaan bakal terhirup waktu Anda bernapas. Menurut National Policy for the American Lung Association, hal semacam ini berisiko menyebabkan asma serta masalah saluran pernafasan.

  • Vacuum cleaner

Janganlah dibiarkan debu menumpuk didalam vacuum, senantiasa bersihkan demikian Anda usai memakainya.  Debu yang terkumpul didalam vacuum bakal menyebabkan munculnya tungau serta berisiko menimbulkan batuk, bahkan juga asma.  Bersihkan vacuum diluar tempat tinggal dengan memakai masker serta sarung tangan. Janganlah membiarkan debu melekat di tangan Anda.

  • Sepatu Tanah, debu, dan partikel yang lain yang melekat di basic sepatu

Anda berisiko menyebabkan alergi. Terlebih bila Anda punya kebiasaan memakai sepatu yang telah Anda pakai diluar tempat tinggal untuk jalan-jalan didalam tempat tinggal Anda.  Bebaskan sepatu yang Anda pakai, lantas taruhlah diluar ruang. Anda baru bisa memasukkannya kedalam tempat tinggal, bila sepatu telah dibikin bersih.

  • Bulu hewan

Tentukan ketentuan untuk hewan peliharaan Anda, seperti anjing serta kucing. Baiknya janganlah membiarkan hewan masuk kedalam tempat tinggal, terlebih ruangan makan serta kamar.  Walaupun Anda rajin menyisir rambutnya, masihlah ada peluang rontoknya bulu hewan di karpet, sofa, atau ranjang Anda.  Walau Anda teratur memandikannya, tidak jaminan hewan Anda bebas debu, kan. Bulu hewan bisa menyebabkan batuk serta alergi.

  • Kemoceng

Sesudah Anda bersihkan jendela, kursi teras, serta dashboard mobil dengan kemoceng, selekasnya bersihkan kemoceng—bukan dengan dikibas tetapi disisir dengan sisir spesial yang serupa serit untuk bersihkan debunya.  Jemur kemoceng sepanjang satu jam sebelumnya Anda memakainya untuk sisi dalam tempat tinggal.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s