Ini Tiga Langkah Gampang Menghijaukan Rumah

Di dalam kesadaran orang-orang yang makin tinggi bakal efek pemanasan global, sedikit untuk sedikit langkah “menghijaukan” lingkungan jadi hal yang harus dikerjakan.  Hal inipun berlaku pada tempat tinggal, arti sustainable home atau tempat tinggal yang ramah lingkungan memperoleh perhatian spesial dari beberapa developer serta pencari tempat tinggal. Terkecuali mendedikasikan diri untuk alam, tempat tinggal hijau dapat juga berikan ketentraman untuk penghuninya. Bagaimana dengan tempat tinggal Anda?  Tanpa ada bebrapa ribet berpindah dari memakai listrik dari PLN jadi listrik dari panel surya, atau merubah bahan bakar biogas untuk ganti gas alam, nyatanya terdapat banyak langkah simpel untuk menghijaukan tempat tinggal.

Ganti lampu LED

Cobalah cermati lampu yang Anda pakai untuk menerangi ruang? Bila masihlah memakai bohlam pijar itu artinya Anda telah ketinggal zaman.  Sesudah neon, yang tambah lebih irit daya daripada bohlam pijar, saat ini mulai ramai lampu LED (Light Emitting Diode), yang lebih irit daya daripada neon.  Harga lampu LED memanglah sedikit lebih tinggi daripada beli lampu tradisional. Walau demikian terdapat beberapa faedah yang dapat Anda peroleh.  Terkecuali lebih efektif dalam pemakaian daya sampai 90% (di banding lampu pijar), lampu type ini dapat bebas merkuri, mempunyai temperatur yang lebih rendah, dan bisa meraih usia tehnis sampai 6-15 th..

Memakai material sisa

Saat akan beli perlengkapan baru untuk lengkapi tempat tinggal, cobalah untuk memakai material sisa untuk di daur lagi kembali.  Anda dapat pergi ke toko loak untuk memperoleh barang sisa dengan harga miring serta ikuti tutorial renovasi benda yang tersedia.  Umpamanya, Anda menginginkan ganti countertops atau meja dapur, cobalah renovasi kayu atau besi sisa.  Sebagai contoh kayu bambu, yang dapat digunakan untuk jadi countertops dapur. Bambu yaitu material yang kuat serta tahan dari jamur serta bakteri.

Penghematan air

Konservasi air jadi satu diantara feature hijau yang saat ini di lirik oleh pengembang yang membangun perumahan baru.  Terkecuali pemakaian air yang irit, Anda dapat juga menyimpan air hujan yang membasahi ruang tempat tinggal.  Nanti konsumsi air ini dapat dipakai untuk menyiram toilet atau tanaman. Tanpa ada kita sadari, kita telah menggunakan air nyaris empat liter setiap saat menyiram toilet, lho!  Langkah memakai air hujan yaitu dengan sediakan penampung berbentuk satu tangki besar yang ditempatkan di samping tempat tinggal.  Upayakan buat aliran selang ke kamar mandi atau taman belakang untuk memudahkan pemakaian.  Konservasi air dapat juga dikerjakan lewat cara menempatkan pemanas air tenaga surya di atap tempat tinggal untuk kurangi daya gas atau listrik yang terbuang saat Anda memerlukan air panas.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s